Sejarah Desa Plosorejo

|

Pada zaman kerajaan Kediri yang dipimpin oleh sriaji Jayabaya, terjadilah peperangan dimana pasukan sriaji Jayabaya menyerang hingga sampai perbatasan perang sehingga tempat tesebut dinamakan Desa Wates . Akhirnya perang tersebut lari kebarat sampai pada bulurejo yang perang itu tengak tengok akhirnya tidak punya teman kemudian lari Kepojok yang akhirnya sekarang jadi dusun Pojok Desa Kepuhrejo dan akhirnya menemukan pohon Ploso yang akhirnya dinamakan Desa Ploso. Dahulu kala di Desa Plosorejo ada 3 Kelurahan yaitu Plosorejo, Plosokerep, Kejuron. Setelah itu dari ketiga Desa itu diadakan pengundian yang terambil salah satunya yang akan menjadi sebuah Desa, yang terambil pada waktu itu adalah Desa Plosorejo adalah Desa Plosorejo. Di Desa Plosorejo ada sebuah Dusun yang bernama Gilang . Dusun Gilang tersebut mempunyai cerita yaitu pada waktu itu didaerah tersebut ditemukan sebuah batu diperkarangan Bpk. Rustam yang berbentuk rumah Doro Gepak. Batu itu akhirnya jadi rebutan Hadi Sucipto dan Raden Suprabu. Hadi Suprabu dijadikan aliran hitam dan M. Nasir menjadi aliran putih. Daripada dibuat rebutan akhirnya batu gilang dibuang diutaranya Desa yang konon airnya tidak pernah habis . Urutan pemegang kitab : M. Nasir mempunyai dua anak yang bernama Rastam dan Siti Nasikah ibu dari Bpk. Rosichin, Rusman, Ailah ibu dari Hadi Sucipto dan Mulyadi.
Sejarah Dusun Kejuron adalah dahulu kala yang berambisi jadi desa kerajaan adalah Dsn. Kejuron tapi akhir dari lotre yang keluar adalah Plosorejo akhirnya P. Lurah Mentrik punya sumpah jangan ada orang yang menikah dengan istri orang Gilang. Dsn. Gilang dibabat/ ditebang oleh kyai Hasan Mukmin, dinamakan Dsn. Kejuron karena dibuat tempat juru sungging yang akhirnya Juru Lukis, Kejuron dulu mempunyai dua wilayah yaitu Kejuron etan (timur) dan diperluas menjadi Kejuron kulon (barat)


0 komentar:

Posting Komentar

 

©2009 republik - 33 | Template Blue by Cak Brodien's Pengunjung hari ini Counter Powered by  RedCounter Powered by  MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net